Jumat, 20 Maret 2020

Tiga sendi utama ajaran Islam - Islam adalah agama Allah SWT yang diturunkan untuk seluruh manusia. Di dalamnya terdapat pedoman dan aturan demi kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat.
Ada tiga hal yang menjadi sendi utama dalam agama Islam. Yakni Iman, Islam, dan Ihsan. Dalam sebuah hadist di ceritakan yang artinya:
"Dari umar bin al-Khatab, berkata : "Pada suatu hari kami berkumpul bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba datang seorang laki-laki yang bajunya sangat putih, rambutnya sangat hitam. Tidak kelihatan tanda-tanda kalau dia melakukan perjalanan jauh, dan tak seorangpun dari kami yang mengenalnya. laki-laki itu kemudian duduk di hadapan Nabi SAW sambil menempelkan kedua lututnya pada lutut Nabi SAW. Sedangkan edua tangannya diletakkan diatas paha Nabi SAW. Laki-laki itu bertanya,"Wahai Muhammad beritahukanlah aku tentang Islam". Rasulullah SAW menjawab,"Islam adalah kamu bersaksi tiada tuhan selain Allah SWT dan Muhammad adalah utusan Allah SWT, mengerjakan shalat, menunaikan zakat, puasa pada bulan Ramadhan dan kamu haji ke Baitullah jika kamu telah mampu melaksanakannya". Laki-laki itu menjawab, "kamu benar". Umar berkata, "kami heran kepada laki-laki tersebut, ia bertanya tapi ia sendiri yang membenarkannya". Laki-laki itu  bertanya lagi, "beritahukanlah aku tentang Iman". Nabi Muhammad SAW menjawab "Iman adalah Engkau beriman kepada Allah, Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari kiamat dan qadar (ketentuan) yang baik dan yang buruk". Laki-laki itu menjawab, "Kamu benar". Laki-laki itu bertanya lagi, "Beritahukanlah aku tentang Ihsan," Nabi SAW Menjawab, Ihsan adalah kamu menyembah Allah SWT seolah-olah kamu melihat-Nya , jika kamu tidak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya Ia melihatmu". Kemudian orang itu pergi. Setelah itu aku (Umar) diam beberapa saat. Kemduian Rasulullah SAW bertanya kepadaku, "Wahai Umar siapakah orang yang datang tadi?" Aku menjawab, Allah SWT dan Rasul-Nya lebih mengetahui". Lalu Nabu SAW bersabda, "Sesungguhnya laki-laki itu adalah Malaikat Jibril. Ia datang kepadamu untuk mengajarkan agamamu". (HR.Muslim:9).

Dari sisi keilmuan semula ketiganya merupakan satu kesatuan yang tidak terbagi-bagi. Namun dalam perkembangan selanjutnya para ulama mengadakan pemisahan, sehingga menjadi bagian ilmu tersendiri. Bagian-bagian itu mereka elaborasi sehingga menjadi bagian ilmu yang berbeda. Perhatian terhadap Iman memunculkan ilmu tauhid atau ilmu kalam. Perhatian khusus pada aspek Islam (dalam pengertian yang sempit) menghadirkan ilmu fiqh atau ilmu hukum Islam dan penelitian terhadap dimensi Ihsan melahirkan ilmu tashawwuf atau ilmu akhlaq. (Pemikiran KH.Achmad Siddiq, hal.1-2).

Namun demikian, meskipun telah menjadi ilmu tersendiri, dalam tataran pengamalan kehidupan beragama, tiga perkara tersebut harus diterapkan secara bersamaan tanpa melakukan pembedaan. Tidak terlalu mementingkan aspek Iman dan meninggalkan dimensi Ihsan dan Islam, atau sebaliknya. Misalnya orang yang sedang shalat, dia harus mengesakan Allah SWT disertai keyakinan bahwa hanya Dia yang wajib disembah (Iman), harus memenuhi syarat dan rukun shalat (Islam), dan shalat harus dilakukan dengan khusyu' dan penuh penghayatan (Ihsan). 

0 komentar:

Posting Komentar