Rabu, 21 Oktober 2020

 


Selasa,20 Oktober 2020 bertempat di Pendpop Balai Desa Purwasari diadakan Pertemuan antara Para pengurus Kelompok tani yang ada di Desa Purwasari yaitu sejumlah 7 Kelompok tani mengadakan Pertemuan. Dalam pertemuan tersebut diadakan reorganisasi Pengurus Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Desa Purwasari, dalam hal ini terpilih sebagai Ketua Gapoktan adalah Bapak Zaenal Mufti, Sekeratris Masruri,S.Pd dan Bendahara Bapak Sukirno. 

Disisi lain hadir pula Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian Kecamatan Wanareja beliau Bapak Ahmad Wahyudi, dalam hal ini beliau mengucapkan selamat kepada para pengurus baru semoga Gapoktan di Purwasari semakin maju. Pada kesempatan yang baik ini beliau juga menjelaskan kepada Kelompok Tani Baru yakni Kelompok Tani An-Nahdliyah Purwasari (Kelompok Tani NU) tentang alur dan mekanisme tentang Pembuatan SK Kelompk tani, alur pembuatan Kartu Tani dan juga tentang distribusi Pupuk. Beliau berpesan bahwa untuk bisa masuk ke dalam Aplikasi SIMLUH harus ada SK Kelompk Tani dari Kepala Desa. Sedangkan syarat untuk pembuatan Kartu Tani adalah harus menyetorkan Foto Kopi KTP dan SPPT tanah sawah. Beliau juga memberi pengarahan kepada semua kelompok tani di desa Purwasari, diantaranya agar para petani setelah mengalami masa panen supaya tidak membakar damen (jerami) karena Jerami ini sangat bagus untuk tani dan bisa dijadikan pupuk organik. Dismpaing itu juga memberi trik bagaimana cara mengusir tikus dari sawah dengan bahan-bahan yang alami.

Mengenai pupuk bersubsidi, beliau Pak Wahyudi menyampaikan bahwa untuk pupuk subsidi yang ada adalah Urea, TSP (SP36), KCL dan Ponska. Untuk antisipasi hama wereng yang sering terjadi di sawah oleh yaitu dengan cara menyemrot hama wereng secara bnersama, sehingga wereng tidak berpindah-pindah tempat.


0 komentar:

Posting Komentar